Panduan Investasi Emas



 IRFANS - Panduan lengkap emas investasi untuk pemula dari A-Z ini dibuat untuk membantu anda khususnya bagi yang masih pemula maupun yang sudah mahir untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan anda mengenai emas agar lebih baik dan terhindar dari kerugian. Artikel ini saya tulis dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Terimakasih telah menyempatkan untuk membaca artikel ini. Diharapkan pembaca membaca semua isi artikel tanpa melakukan skip atau lompat-lompat agar materi yang disampaikan utuh dan bermanfaat.


Hal yang akan kita bahas pada artikel kali ini diantaranya, pengertian emas, kenapa harus berinvestasi pada emas, kelebihan investasi emas, kelemahan investasi emas, macam macam strategi investasi emas, bagaimana cara membeli emas dan sebagainya.




PENGERTIAN EMAS


Dikutip dari wikipedia , emas (GOLD) adalah adalah salah satu unsur kimia di dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (dari bahasa latin Aurum) dan kode ISO internasional untuk emas adalah XAU dan mempunyai nomor atom 79 . Emas adalah sebuah logam transisi (trivalen dan univalen ) yang mengkilap, berat, kuning dan lembek. Emas dapat melebur dan mencair pada kisaran suhu 1000 derajat celcius. Tingkat kekerasan dari emas adalah 2,5 – 3 (skala Mohs) sehingga mudah ditempa dan sering dibentuk sebagai perhiasan seperti cincin, kalung, liontin dan sebagainya.


Emas banyak digunakan sebagai perhiasan, ornamen yang menunjukkan kemewahan, komponen elektronik dan emas banyak digunakan di berbagai negara sebagai standar atau penjamin keuangan karena nilai emas yang cenderung stabil dari waktu ke waktu.


Emas didapatkan dengan cara menambang menggali tanah karena emas banyak ditemukan dalam endapan atau menyatu di dalam batu sebagai serbuk emas.


KELEBIHAN INVESTASI EMAS


Banyak orang sudah mulai berpikir untuk mempersiapkan masa depan seperti biaya persalinan dan pendidikan anak hingga tingkat universitas. Mereka memilih investasi pada saham atau komoditi. Yang cukup banyak diminati adalah investasi pada emas. Apa alasan mereka melakukan investasi pada emas. Berikut ini beberapa kelebihan investasi pada emas.


Emas memiliki kualitas dan nilai yang stabil


Kenapa emas menjadi primadona ? salah satu penyebabnya adalah karakteristik dari emas yang tidak mudah teroksidasi, berbeda dengan besi yang mudah berkarat. Emas juga bisa teroksidasi tapi sangat sulit tidak seperti logam lainnya. Dan karena hal inilah kualitas emas menjadi stabil, mau disimpan 10 tahun lagi kualitas fisiknya tetap sama. Berbeda jika anda investasi pada mobil, 10 tahun lagi mungkin cat nya sudah luntur, busi berkarat, ban aus sehingga harganya turun banyak. Sedangkan emas nilai dan harganya cenderung stabil dan bahkan naik dan dapat digunakan sebagai investasi untuk melawan laju inflasi.


Resiko investasi emas cenderung rendah


Tidak seperti pada investasi pada saham, yang jika anda salah memilih saham. Uang anda dapat mengalami kerugian hingga 80% dan harga tidak memantul kembali. Namun pada investasi emas , berdasar pada history harga selama ini penurunan terbesar hanya sekitar 30% itupun pada tahun tahun berikutnya harga akan berbalik naik kembali dan bahkan menutup kerugian yang lalu karena dapat naik hingga 60%




Modal investasi emas bisa mulai dari Rp 10.000


Jika anda ingin berinvestasi pada tanah dan properti maka minimal anda harus menyediakan uang puluhan juta rupiah. Jika investasi pada saham minimal deposit rata rata adalah diatas 2 juta rupiah. Namun dengan membeli emas seperti di tokopedia anda dapat membeli dan mulai berinvestasi pada emas mulai dari Rp 10.000 saja. Dengan membeli emas secara online anda tidak harus membeli minimal seberat 1 gram.


Banyak pilihan bentuk fisik emas


Investasi emas juga bisa diwujudkan dalam berbagai jenis bentuk fisik, seperti sambil dipakai untuk perhiasan maka kita berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Atau bisa juga dalam bentuk emas online, kita tidak harus repot menyimpan emas dalam bentuk fisik sehingga tidak perlu takut hilang atau dirampok. Namun jika anda punya pikiran untuk mencairkan fisik emas maka simpanan emas dalam bentuk online yang kita miliki dapat kita cairkan menjadi emas fisik batangan sehingga kita dapat lebih leluasa jika ingin menyimpannya sendiri.


Minim perawatan


Jika pada investasi properti anda harus membayar pajak secara rutin, mengurus sertifikat dsb. Maka pada investasi emas lebih sederhana , kelebihan pada investasi emas adalah minim perawatan. Beli dan simpan, ya sudah begitu saja beres.

Next Post Previous Post