Sukses Nabung Walau Gaji Kecil


 Dari dulu punya angan angan untuk menabung tapi gaji kecil dan belum kesampaian sampai sekarang. Tenang berikut ini akan kami berikan tips yang dapat anda coba , cara agar sukses menabung walau gaji anda kecil. Sebenarnya menabung itu tidak selalu saat kita punya uang sisa, atau saat gaji berlebihan. Sebenarnya berapapun gaji kita kita tetap bisa menabung, karena menabung itu bukan mengenai besarnya harus sekian namun dihitung dari persentase gaji kita, jadi berapapun gaji kita seharusnya kita tetap bisa menabung walau hanya sedikit demi sedikit


PENGERTIAN MENABUNG


Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang yang kita punya yang nantinya uang tersebut dapat kita gunakan untuk dana darurat misalnya saat mengalami kecelakaan dan dipakai untuk berobat. Selain untuk dana darurat menabung juga bisa ditujukan untuk membeli barang yang kita inginkan namun uang kita belum cukup maka kita harus menyimpulkan terlebih dahulu dengan cara menyisihkan uang yang kita punya.


MANFAAT MENABUNG


Dengan menabung kita akan mendapat beberapa manfaat yang tidak akan didapatkan oleh mereka yang tidak menabung.

Manfaat yang pertama adalah mengajarkan kita untuk berhemat, hidup hemat dari gaya hidup menabung ini akan mempengaruhi sisi kehidupan kita yang lain. Jika kita bisa menabung tentu kita juga akan bisa menghemat dalam hal lainnya misalnya hemat bahan bakar kendaraan kita, hemat penggunaan kuota, hemat dalam membeli makanan.


Manfaat dari menabung yang kedua adalah membuat kita pandai mengatur keuangan, kalau bisa sukses menabung sudah pasti orang tersebut pandai juga mengatur keuangan, sehingga kita bisa terlepas dari masalah himpitan ekonomi. Jaman sekarang kita harus pandai pandai mengatur keuangan, kita tidak hanya bisa mengandalkan pemerintah untuk menaikkan UMR, menurunkan pajak dan membuka banyak lapangan kerja. Kita harus bisa hidup mandiri.


Manfaat yang ketiga adalah membuat kita lebih mandiri, melatih kita untuk mandiri karena tidak akan terlalu bergantung pada orang lain. Mau beli ini itu tidak perlu meminta kepada orang tua , kita bisa melakukannya sendiri dengan cara menabung, misalnya ketika masih bersekolah kita ingin mempunyai smartphone baru, kita tidak perlu meminta orang tua tapi kita bisa membelinya dengan cara menabung menyisihkan uang saku kita.


Melatih disiplin, manfaat selanjutnya dari menabung adalah melatih disiplin, misalnya gaji kita 5 juta per bulan, dan kita punya target untuk menabung 500 ribu per bulan. Maka apapun yang terjadi kita harus disiplin , budget menabung 500 ribu per bulan itu tidak akan kita otak atik. Walau ada godaan barang keluaran model baru, kita tetap akan disiplin pada rencana yang telah kita buat.


Mempunyai dana darurat, dengan menabung setidaknya kita mempunyai dana darurat yang dalam keadaan genting dapat sangat berguna, misalnya tiba tiba kita mengalami kecelakaan dan harus dilakukan operasi, karena jika tidak segera dilakukan operasi akan sangat fatal. Nah jika kita tidak punya dana untuk melakukan operasi maka operasi akan mengalami penundaan yang bisa berakibat fatal. Sedangkan jika kita menabung setidaknya kita mempunyai dana darurat yang dapat kita gunakan sewaktu waktu.


CARA AGAR KITA TETAP BISA MENABUNG WALAU GAJI KECI


Bagi anda yang merasa mempunyai gaji kecil namun tetap ingin menabung berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar berhasil menabung walau gaji kecil.


BUAT DAFTAR BUDGET


Yang pertama adalah buat daftar budget ke dalam pos pos masing masing, misalnya untuk makan 50% dari gaji anda, uang bensin 10% , sewa kos 20%, listrik air gas 10%, lain lain 8%, ditabung 2%. Maka setidaknya anda sudah punya gambaran berapa persen uang yang dapat anda tabung. Jadi disini sudah sangat jelas masing masing pos sudah ada budget nya dan jangan saling memakan budget yang lain.


BUAT 2 REKENING BANK BERBEDA


Cara ini cukup ampuh, agar bisa berhasil menabung walau gaji kecil maka anda harus membuat 2 rekening berbeda dan memisahkan uang tabungan dengan uang sehari hari. Karena jika dicampur akan sedikit membingungkan dan nanti secara halus uang tabungan kita akan tergeroroti jika dicampur, dikit dikit gesek ATM lihat saldo ATM masih banyak padahal itu sebagian adalah tabungan kita, maka dari itu akan lebih baik jika kita membuat 2 rekening terpisah.


MENABUNG SETIAP HARI


Cara ini cukup berguna misalnya jika kita menabung sebulan sekali langsung 100 ribu mungkin akan terasa berat. Berbeda jika dipecah menjadi tiap hari 4 ribu rupiah saja, akan terasa ringan dan tidak terlalu membebani, cara ini cocok jika anda mempunyai penghasilan harian kecil misalnya berbisnis gorengan, jika sebulan sekali langsung 100 ribu belum tentu ada maka solusinya adalah menabung dalam jumlah kecil yaitu 4 ribu rupiah saja namun rutin setiap hari. Selain ringan maka hal yang dilakukan setiap hari akan menjadi kebiasaan positif, rasanya akan terbiasa dan seolah berjalan otomatis, dan jika tidak melakukannya maka akan terasa ada yang kurang.


MENABUNG SAMBIL INVESTASI


Jika anda hanya menabung saja di celengan tanah liat, nilainya akan tetap dan mungkin tergerus inflasi jika dilakukan jangka panjang lebih dari setahun (tergerus inflasi sekitar 2-4% per tahun ), jika anda menabung di bank akan terpotong biaya administrasi sekitar 15 ribu per bulan, cukup lumayan banyak kan. Maka dari itu solusinya adalah anda dapat menabung sekaligus berinvestasi misalnya uang anda taruh di reksadana yang memberikan return sekitar 6% per tahun. Anda bisa tambah investasi reksadana anda secara rutin misalnya 100 ribu tiap bulan. Selain bisa menabung kita juga bisa mendapatkan tambahan profit, bukan malah berkurang jika di simpan di rekening bank.


JANGAN SERING CEK SALDO TABUNGAN


Jangan sering cek saldo tabungan anda nanti yang ada anda akan tergiur untuk melakukan penarikan dan membelikannya barang impian anda. Maka dari itu jangan terlalu sering cek saldo tabungan, tabung lalu set and forget anggap saja uang tersebut sudah hilang dan anda tidak bisa menggunakannya lagi. Ini akan membantu anda untuk menghindarkan godaan dari “memecah celengan tabungan anda”. Pokoknya rutin aja tambahin , saldonya berapa entah. Jika ditaruh didalam rekening Insya Allah akan aman, tapi kalo ditaruh di celengan tanah liat, entahlah mitos atau fakta bisa jadi diambil tuyul kalau tidak dipastikan hitungannya.


JANGAN BERIKAN AKSES YANG MUDAH UNTUK MELAKUKAN PENCAIRAN


Jangan berikan akses yang mudah untuk melakukan pencairan misalnya saldo tabungan ditaruh di rekening yang ada kartu ATM nya sehingga kita bisa dengan mudah mencairkan setiap saat. Sebaiknya hindari hal seperti itu. Jika sudah mencukupi bisa anda taruh seperti di tabungan berjangka / deposito sehingga kita tidak bisa melakukan penarikan sebelum jatuh tempo sesuai perjanjian.


KESIMPULAN


Demikian beberapa tips cara agar berhasil menabung walau penghasilan dan gaji kecil . Jika ada tambahan atau pertanyaan silahkan tuliskan pandangan anda di kolom komentar dibawah ini. Bantu bagikan artikel ini kepada teman, saudara dan kerabat anda agar membantu mereka melek secara finansial.

Next Post Previous Post